Tips merawat printer

Tips merawat printer - Printer saat ini meruapakan suatu benda yang sudah sangat umum digunakan dimana-mana, mulai dari kantor, rumah, rental, atau bahkan warnet. Keberadaan printer sepertinya sudah menjadi satu paket dengan komputer maupun laptop. Dewasa ini alat pencetak ini terus berkembang dengan berbagai kecanggihan.


Seperti halnya alat elektronik lain, printer juga perlu perawatan khusus. Jika tak dirawat, printer bisa saja ngadat dan kinerjanya menjadi tidak optimal. Tentu saja anda akan rugi. Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu anda dalam merawat printer secara mudah dan murah.
  • Jangan diamkan tinta dalam waktu lama. Tinta yang tak bergerak bisa membuat print head macet. Solusi sebaiknya, hidupkan printer secara rutin seminggu sekali agar tinta kembali encer karena head printer hangat kembali.
  • Hindari meniggalkan kartrid dalam keadaan kosong. Walaupun anda berencana menyimpan printer anda, usahakan kartrid dalam keadaan terisi tinta.
  • Jangan gunakan kertas yang terlalu tebal saat mencetak. In membuat motor printer bekerja terlalu keras, hingga roda penarik berjalan tidak normal.
  • Saat tidak dipakai, usahakan tinggalakan printer dalam keadaan tertutup rapi. Ini untuk mencegah debu masuk dan menumpuk didalam printer. Tentu saja debu juga bisa mempengaruhi kerja printer.
  • Jika tidak digunakan, lebih baik printer dimatikan saja. Jangan biarkan printer menyala dalam waktu yang panjang.
  • Jangan keseringan membeli tinta suntik dan mengganti-ganti merek tinta saat mengisi kartrid, karena jika terjadi kebocoran maka printer akan rusak.
  • bersihkan kotoran yang ada didalam printer setiap satu atau dua minggu. Hal ini perlu untuk menjaga kemampuan printer dalam mencetak. Jangan simpan printer ditempat yang berdebu atau penuh serangga. Bila perlu, bungkus printer dengan plastik agar terhindar dari kotoran. demikian tips singkat mengenai perawatan printer. semoga bermanfaat bagi anda. (RON)

Sumber: Warta Kota

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips merawat printer"

Posting Komentar