15 Cara Mengatasi Stres Karena Pekerjaan
Di abad ini, stress merupakan kondisi ketidakstabilan jiwa yang paling populer. Seringkali kita menjumpai orang-orang di sekitar yang mengaku mengalami stress, atau mungkin juga Anda sendiri pernah mengalaminya.
Sebenarnya, stress bukanlah suatu penyakit. Namun, akan sangat berbahaya bila tidak segera diatasi. Akan ada banyak masalah kesehatan yang menghinggapi Anda bila stress tidak segera ditangani.
Di Eropa sendiri pernah dilakukan sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa lebih dari 40 juta orang di Eropa mengalami stress di tempat kerja.
Pada penelitian tersebut juga mengatakan bahwa lebih dari seperempat pekerja absen selama 2 minggu dalam setahun karena masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stress.
Baca juga: 5 Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja
Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami stress di tempat kerja antara lain:
Stress yang dialami dapat mengakibatkan gangguan fisik dan mental yang berkepanjangan. Diperlukan upaya untuk mengatasi stress baik dalam kehidupan maupun di tempat kerja.
1. Rencanakan Aktivitas Anda Dengan Baik
Buat perencanaan untuk aktivitas jangka pendek Anda baik jangka bulanan, maupun harian. Apa, mengapa, bagaimana, kapan, dan siapa, merupakan komponen yang harus ada dalam setiap rencana pada aktivitas Anda.
2. Temukan Cara Mengatasi Stres Berdasarkan Pengalaman
Di masa lalu, pastinya Anda pernah mengalami masalah-masalah di tempat kerja yang dapat membuat Anda stress.
Ingatlah kembali seperti apa Anda mengatasi berbagai masalah tersebut di masa lalu. Gunakan cara tersebut untuk mengatasi masalah yang sedang Anda alami saat ini. Cegah stress sebelum “ia” datang menghampiri.
3. Bangun Iklim Kerja yang Menyenangkan
Bersikap terbuka dan berkomunikasi secara baik dengan sesame rekan kerja akan membuat Anda turut serta dalam membangun iklim kerja yang menyenangkan di kantor.
4. Pahami Tugas dan Tanggung Jawab
Pastikan Anda paham terhadap tugas dan tanggung jawab Anda di kantor, serta jangan ragu untuk bertanya ketika ada tugas yang tidak Anda pahami dengan baik.
5. Lakukan Ritme Kerja yang baik
Ritme kerja yang baik adalah dengan melakukan beberapa kali break selama beberapa menit setelah setengah jam Anda bekerja. Usahakan Anda tetap rileks meski bekerja di bawah tekanan.
6. Toleransi Sesama Rekan Kerja
Agar tercipta suasan kerja yang nyaman dan menyenangkan, Anda harus miliki sikap toleransi kepada sesame kerja.
Tularkan pula sikap tersebut kepada rekan kerja yang lain. Pahami bahwa setiap orang memiliki pribadi yang berbeda-beda.
7. Jangan Mengerjakan Semua Pekerjaan
Bila memungkinkan, delegasikan sebagian tanggung jawab dan tugas pekerjaan kepada bawahan Anda.
8. Jaga Semangat dalam Tim
Melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga, atau berekreasi bersama akan membuat semangat tim Anda tetap terjaga.
9. Buat Lingkungan Kerja Anda Nyaman
Agar kenyamanan dalam bekerja dapat terjaga, sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalisasi gangguan-gangguan seperti suara bising, ventilasi udara yang kurang lancar, cahaya kurang terang, suhu terlalu panas atau dingin, dan lain-lain.
10. Luangkan Waktu Untuk Meditasi
Banyak pakar kesehatan yang mengungkapkan bahwa meditasi merupakan alat yang ampuh dalam mengatasi stress. Meditasi akan membantu untuk meningkatkan kosentrasi dan membersihkan pikiran kita.
Lakukan meditasi selama kurang lebih 15 menit, pikiran Anda akan dimudahkan dalam melupakan hal-hal yang menjadi penyebab stress yang datang.
11. Isi Waktu Luang Dengan Kegiatan Menyenangkan
Jangan memikirkan pekerjaan terus menerus, ambil waktu libur dan habiskan untuk melakukan berbagai kegiatan menyenangkan.
Misalnya rekreasi bersama keluarga, bermain dengan anak-anak di rumah, atau melakukan hobi yang Anda sukai. Kegiatan-kegiatan seperti ini dapat membantu dalam mengatasi stress.
12. Lakukan Pemijatan
Pemijatan (body massage) sangat baik untuk relaksasi dan kelancaran sirkulasi darah. Biasanya orang yang dipijat akan cepat merasa ngantuk dan manfaatkan waktu tersebut untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas.
13. Rutin Berolahraga
Cara dalam memerangi stress berikutnya adalah dengan rutin berolahraga. Dengan berolahraga, otot-otot tubuh akan mengalami pergerakan, darah akan mengalir dengan cepat, dan paru-paru akan terbuka untuk mengambil lebih banyak oksigen.
Hal ini akan membantu pikiran Anda dalam melupakan masalah yang menjadi penyebab stress. Di samping itu, berolahraga juga sangat baik untuk membuat tubuh kita tetap sehat, bugar dan makin semangat dalam menjalani aktivitas.
14. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh
Percaya atau tidak, air putih ternyata dapat menghilangkan stress. Ditunjukkan oleh sebuah penelitian bahwa dengan banyak minum air putih akan membantu tubuh memulihkan diri dari keletihan, dan stress dapat disebabkan oleh tubuh yang terlalu letih.
15. Istirahat yang Cukup
Saat tubuh sedang lelah dan letih, stress akan semakin mudah menyerang. Kurang tidur dapat mempengaruhi keseluruhan aktivitas harian kita.
Kurangnya waktu istirahat yang berkualitas membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi dalam pekerjaan.
Kesalahan karena kurang konsentrasi dalam pekerjaan inilah yang selanjutnya menjadi pemicu berbagai permasalahan penyebab stress.
Oleh sebab itu, penuhi kebutuhan istirahat Anda dengan waktu tidur di malam hari kurang lebih selama 7 jam.
Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi stress. Setiap orang memiliki kecenderungan untuk mengalami stress meski penyebabnya bisa berbeda-beda.
Untuk mencegah stress, kita hanya perlu memandang suatu masalah dari sudut yang berbeda. Sebab, setiap orang di dunia ini pasti mempunyai masalah dalam hidupnya, baik dalam bidang pekerjaan, keluarga, keuangan, dan sebagainya.
Namun, terlalu berpikir keras tentang berbagai permasalahan tersebut hanya akan membuat diri kita depresi dan mengalami stress.
Berserah diri kepada Yang Maha Kuasa adalah jalan terbaik untuk mengatasi stress yang muncul dalam kehidupan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.
Sumber:
http://www.akuinginsukses.com/17-tips-mengatasi-stress-dalam-hidup-dan-di-tempat-kerja/
Sebenarnya, stress bukanlah suatu penyakit. Namun, akan sangat berbahaya bila tidak segera diatasi. Akan ada banyak masalah kesehatan yang menghinggapi Anda bila stress tidak segera ditangani.
Di Eropa sendiri pernah dilakukan sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa lebih dari 40 juta orang di Eropa mengalami stress di tempat kerja.
Pada penelitian tersebut juga mengatakan bahwa lebih dari seperempat pekerja absen selama 2 minggu dalam setahun karena masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stress.
Baca juga: 5 Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja
Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami stress di tempat kerja antara lain:
- Kurangnya perencanaan kerja yang baik.
- Selalu merasa tertekan pada kondisi kerja yang dijalani.
- Ketidakjelasan pada tugas-tugas yang diberikan atasan.
- Adanya permintaan barang yang overload.
- Adanya konflik atau ancaman di lingkungan karyawan.
- Teriakan dan makian dari para pelanggan.
- Keberadaan teman kerja yang kurang kooperatif.
- Ketidaknyaman lingkungan yang mengganggu secara fisik seperti suara mesin yang terlalu bising, atau kondisi ventilasi yang kurang baik, dan lain-lain.
- Tidak adanya perbaikan terhadap masalah-masalah tersebut.
Stress yang dialami dapat mengakibatkan gangguan fisik dan mental yang berkepanjangan. Diperlukan upaya untuk mengatasi stress baik dalam kehidupan maupun di tempat kerja.
1. Rencanakan Aktivitas Anda Dengan Baik
Buat perencanaan untuk aktivitas jangka pendek Anda baik jangka bulanan, maupun harian. Apa, mengapa, bagaimana, kapan, dan siapa, merupakan komponen yang harus ada dalam setiap rencana pada aktivitas Anda.
2. Temukan Cara Mengatasi Stres Berdasarkan Pengalaman
Di masa lalu, pastinya Anda pernah mengalami masalah-masalah di tempat kerja yang dapat membuat Anda stress.
Ingatlah kembali seperti apa Anda mengatasi berbagai masalah tersebut di masa lalu. Gunakan cara tersebut untuk mengatasi masalah yang sedang Anda alami saat ini. Cegah stress sebelum “ia” datang menghampiri.
3. Bangun Iklim Kerja yang Menyenangkan
Bersikap terbuka dan berkomunikasi secara baik dengan sesame rekan kerja akan membuat Anda turut serta dalam membangun iklim kerja yang menyenangkan di kantor.
4. Pahami Tugas dan Tanggung Jawab
Pastikan Anda paham terhadap tugas dan tanggung jawab Anda di kantor, serta jangan ragu untuk bertanya ketika ada tugas yang tidak Anda pahami dengan baik.
5. Lakukan Ritme Kerja yang baik
Ritme kerja yang baik adalah dengan melakukan beberapa kali break selama beberapa menit setelah setengah jam Anda bekerja. Usahakan Anda tetap rileks meski bekerja di bawah tekanan.
6. Toleransi Sesama Rekan Kerja
Agar tercipta suasan kerja yang nyaman dan menyenangkan, Anda harus miliki sikap toleransi kepada sesame kerja.
Tularkan pula sikap tersebut kepada rekan kerja yang lain. Pahami bahwa setiap orang memiliki pribadi yang berbeda-beda.
7. Jangan Mengerjakan Semua Pekerjaan
Bila memungkinkan, delegasikan sebagian tanggung jawab dan tugas pekerjaan kepada bawahan Anda.
8. Jaga Semangat dalam Tim
Melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga, atau berekreasi bersama akan membuat semangat tim Anda tetap terjaga.
9. Buat Lingkungan Kerja Anda Nyaman
Agar kenyamanan dalam bekerja dapat terjaga, sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalisasi gangguan-gangguan seperti suara bising, ventilasi udara yang kurang lancar, cahaya kurang terang, suhu terlalu panas atau dingin, dan lain-lain.
10. Luangkan Waktu Untuk Meditasi
Banyak pakar kesehatan yang mengungkapkan bahwa meditasi merupakan alat yang ampuh dalam mengatasi stress. Meditasi akan membantu untuk meningkatkan kosentrasi dan membersihkan pikiran kita.
Lakukan meditasi selama kurang lebih 15 menit, pikiran Anda akan dimudahkan dalam melupakan hal-hal yang menjadi penyebab stress yang datang.
11. Isi Waktu Luang Dengan Kegiatan Menyenangkan
Jangan memikirkan pekerjaan terus menerus, ambil waktu libur dan habiskan untuk melakukan berbagai kegiatan menyenangkan.
Misalnya rekreasi bersama keluarga, bermain dengan anak-anak di rumah, atau melakukan hobi yang Anda sukai. Kegiatan-kegiatan seperti ini dapat membantu dalam mengatasi stress.
12. Lakukan Pemijatan
Pemijatan (body massage) sangat baik untuk relaksasi dan kelancaran sirkulasi darah. Biasanya orang yang dipijat akan cepat merasa ngantuk dan manfaatkan waktu tersebut untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas.
13. Rutin Berolahraga
Cara dalam memerangi stress berikutnya adalah dengan rutin berolahraga. Dengan berolahraga, otot-otot tubuh akan mengalami pergerakan, darah akan mengalir dengan cepat, dan paru-paru akan terbuka untuk mengambil lebih banyak oksigen.
Hal ini akan membantu pikiran Anda dalam melupakan masalah yang menjadi penyebab stress. Di samping itu, berolahraga juga sangat baik untuk membuat tubuh kita tetap sehat, bugar dan makin semangat dalam menjalani aktivitas.
14. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh
Percaya atau tidak, air putih ternyata dapat menghilangkan stress. Ditunjukkan oleh sebuah penelitian bahwa dengan banyak minum air putih akan membantu tubuh memulihkan diri dari keletihan, dan stress dapat disebabkan oleh tubuh yang terlalu letih.
15. Istirahat yang Cukup
Saat tubuh sedang lelah dan letih, stress akan semakin mudah menyerang. Kurang tidur dapat mempengaruhi keseluruhan aktivitas harian kita.
Kurangnya waktu istirahat yang berkualitas membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi dalam pekerjaan.
Kesalahan karena kurang konsentrasi dalam pekerjaan inilah yang selanjutnya menjadi pemicu berbagai permasalahan penyebab stress.
Oleh sebab itu, penuhi kebutuhan istirahat Anda dengan waktu tidur di malam hari kurang lebih selama 7 jam.
Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi stress. Setiap orang memiliki kecenderungan untuk mengalami stress meski penyebabnya bisa berbeda-beda.
Untuk mencegah stress, kita hanya perlu memandang suatu masalah dari sudut yang berbeda. Sebab, setiap orang di dunia ini pasti mempunyai masalah dalam hidupnya, baik dalam bidang pekerjaan, keluarga, keuangan, dan sebagainya.
Namun, terlalu berpikir keras tentang berbagai permasalahan tersebut hanya akan membuat diri kita depresi dan mengalami stress.
Berserah diri kepada Yang Maha Kuasa adalah jalan terbaik untuk mengatasi stress yang muncul dalam kehidupan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.
Sumber:
http://www.akuinginsukses.com/17-tips-mengatasi-stress-dalam-hidup-dan-di-tempat-kerja/
0 Response to "15 Cara Mengatasi Stres Karena Pekerjaan"
Posting Komentar