Tips Membudidayakan Tanaman Duku

Tips Membudidayakan Tanaman Duku - Duku adalah salah satu jenis buah asli dari Indonesia, yang mana di Indonesia sendirilah tanaman duku ini dapat berkembang baik hampir diseluruh daerah, hal ini dikarenakan buah duku mudah untuk tumbuh disemua tempat.

Ada 3 jenis buah duku yang paling banyak dibudidayakan atau pun dikembangkan oleh masyarakat Indonesia, yakni duku komering, duku condet, dan duku metasih. Dahulunya buah duku ini lebih dikenal mempunyai rasa yang manis dan juga mempunyai banyak sekali manfaat yang sangat luar biasa untuk dijadikan sebagai obat beberapa macam penyakit, seperti disentri, diare, dan dapat juga dijadikan sebagai pengobatan yang lain.


Bagaimana, apa Anda juga berminat untuk membudidayakan tanaman duku tersebut?Jika iya, silakan simak tips dalam membudidayakan tanaman duku tesebut di bawah ini.

Tips budidayakan tanaman duku


Proses pembibitan buah duku


Pembibitan tanaman yang satu ini perlu dilakukan hal ini berguna untuk menentukan hasil produksi dari buah duku tersebut. Apabila Anda baik dalam proses pembibitannya, maka akan baik pula proses produksi dari buah duku yang bakal dihasilkan.

Untuk memperbanyak tanaman buah duku ini bisa Anda lakukan dengan bebarapa cara, yakni dengan heneratif atau melalui bji, danjuga vefetatif atau melalui stek. Dengan perkembangan jaman seperti sekarang ini, semaki banyak yang telah menggunakan cara generatif, sebab hasilnya akan selalu sama persis dengan indukannya

Proses penanaman buah duku


Untuk proses penanaman buah dukunya biaanya menggunakan beberapa variasi jarak tanam, yakni 7x8 , 8x9 m, 9x9m, dan juga 9x10 m. Tetapi juga dengan mengusahakan agar tidak terlalu sempit jarak antara tanaman yang satu dengan lainnya, sebab nantinya malah akan menyulitkan dan juga akan mengganggu pertumbuhan tanaman duku itu sendiri.

Selanjutnya setelah Anda selesai pada proses pengukuran jarak tanam, adalah dengan membuat lubang tanamnya. Dimana ukuran lubang yang ideal adalah 0.8x0.8x0.7 m. Namun, jika duku yang ditanam berasal dari biji, maka Anda dapat membuat lubang tanam yang lebih dalam.

Sedangkan jika ditaman dengan cara stek, maka Anda dapat membuat lubang yang lebih lebar dan luas, hal ini supaya perkembangan akar tidak dapat terganggu.

Demikianlah ulasan tentang budidaya tanaman duku semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membudidayakan Tanaman Duku"

Posting Komentar