Taman Nasional Gunung Rinjani Pesona Lombok

Taman Nasional Gunung Rinjani Pesona Lombok - Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia, tepatnya berada di Pulau Lombok. Secara administratif gunung ini berada di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini memiliki tinggi 3.726 meter dan termasuk jajaran salah satu gunung berapi tertinggi yang ada di Indonesia. Cerita akan keindahannya membuat para pendaki dalam dan luar negeri merasa tertantang untuk menjelajah dan mengeksplorasi keindahannya.
Berwisata di Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok
Taman Nasional Gunung Rinjani

Terdapat beberapa rute pendakian untuk sampai ke puncak gunung berapi, diantaranya: Torean, Timba Nuh, Senaru dan Sembalun. Bagi para pendaki pemula jalur Sembalun merupakan jalur pendakian favorit bagi mereka, karena jalur pendakian ini relative lebih mudah dibandingkan jalur lainnya.

Di atas gunung berapi terdapat kaldera yang berukuran 6 hingga 8 km dan terisi oleh air kawah yang dikenal sebagai Segara Anak atau Anak Laut karena warna airnya yang biru. Suku Sasak dan Hindu orang menganggap danau dan gunung ini sebagai area suci dan melaksanakan beberapa kegiatan keagamaan di sini.

Untuk mencapai Segara Anak atau Anak Laut dapat ditempuh melalui jalur Sembalun dan Senaru. Anda dapat menikmati keindahan alam Segara Anak setelah perjalanan yang melelahkan, anda dapat mendirikan tenda, menikmati berendam di air belerang yang hangat, bahkan anda juga dapat memancing ikan.

Akomodasi


Ketika mengendarai mobil pribadi dari barat melalui pantai Senggigi, Anda akan menemukan desa Senaru, mengendarai mobil sekitar 2 jam dan menemukan beberapa hotel sederhana. Ada juga tempat-tempat akomodasi seperti rumah tamu di daerah desa Senaru, sehingga Anda bisa bermalam di sana untuk bersiap mendaki ke Taman Nasional Gunung Rinjani.

Tips

Mendaki gunung, berkemah dan menikmati panorama alam Lombok bisa Anda lakukan di sini. Dengan menikmati Danau Segara Anak, Sebau, dan Gunung Baru Jari sekaligus. Fenomena alam yang indah, sumber air panas, mandi, mengamati binatang hutan adalah kegiatan yang disarankan untuk Anda. Di Maulud, Danau Segara Anak sering digunakan sebagai atraksi budaya Pakelem (memandikan keris). Untuk mendapatkan waktu terbaik mengunjungi tempat ini, Anda bisa datang di bulan Juni, Juli, Agustus-Desember setiap tahunnya.

Transportasi

Ketika Anda melakukan perjalanan awal ke Gunung Rinjani, Anda akan berada di desa Pasugulan Timur Lombok, dari Mataram ke Pasugulan desa, mengemudi sekitar lebih 2 jam dan berangkat ke arah desa Sembalun Lawang desa menggunakan mobil sekitar 1 jam.

Kuliner

Di perjalanan, Anda juga bisa menikmati beberapa strawberry yang sengaja dibudidayakan, sehingga langsung bisa merasakan segarnya buah yang baru dipetik.

Kegiatan

Menikmati berjalannya waktu di Taman Nasional Gunung Rinjani, Anda bisa mulai mendaki ke kamp untuk beristirahat untuk makan siang, melewati pos pertama hingga ketiga, dan kemudian menghabiskan malam di tenda-tenda berketinggian 1680 meter, sekaligus bersiap untuk puncak tertinggi di pagi harinya. Pastikan Anda sampai di puncak di pagi hari untuk melihat pemandangan matahari terbit yang mengagumkan!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Taman Nasional Gunung Rinjani Pesona Lombok "

Posting Komentar