7 Cara Menghilangkan Ketombe Dan Rambut Rontok

7 Cara Menghilangkan Ketombe Dan Rambut Rontok–Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab utama rambut rontok adalah banyaknya ketombe di rambut? Memiliki masalah ketombe serta rambut yang rontok dapat membuat siapapun menjadi jengkel.

Bukan hanya wanita saja, pria pun akan risih ketika memiliki masalah rambut berketombe dan rontok. Jika permasalahan tersebut dibiarkan terus menerus, maka akan menyebabkan rambut menjadi tipis dan bisa berujung pada kebotakan.
Cara Mengatasi Ketombe Dan Rambut Rontok

Ketika Anda mengalami rambut yang berketombe dan rontok, maka langkah yang harus ditempuh adalah ketahui penyebab dan cara untuk mengatasinya. Kulit yang kering, jarang membersihkan (keramas) rambut, keramas terlalu sering, alergi untuk produk perawatan rambut dan jamur merupakan penyebab rambut berketombe. Namun kulit keringlah yang merupakan penyebab paling umum rambut berketombe.

Ketombe merupakan sel kulit mati yang menempel pada kulit kepala, hal tersebut dapat mengakibatkan timbulnya rasa gatal. Tentunya memiliki kulit kepala yang berketombe sangatlah membuat kita tidak nyaman karena menyebabkan kulit kepala terasa gatal.

Penyebab Adanya Ketombe

Berikut merupakan beberapa penyebab rambut berketombe, yakni:

1. Faktor jenis kulit kepala 

Setiap manusia memiliki jenis kulit kepala yang berbeda-beda, sehingga untuk mengatasinya pun berbeda-beda caranya. Untuk itu, sangatlah disarankan bagi Anda untuk mengkonsultasikan dan memeriksakan kulit kepala Anda sehingga akan lebih lebih mudah untuk mengatasi rambut berketombe.


2. Kulit Kepala yang Kepanasan

Jika kulit kepala Anda mengalami kepansan, hal tersebut dapat memicu timbulnya ketombe. Hal tersebut disebabkan karena rambut terlalu lama terkena sinar matahari, penggunaan hair dryer yang keseringan, serta penggunaan penutup kepala dalam keadaan rambut yang masih basah memicu timbulnya ketombe.

Maka dari itu, jika hendak menggunakan penutup kepala seperti topi, helm, kerudung dan lainnya, tunggulah sampai rambut Anda kering terlebih dahulu untuk mencegah pertumbuhan ketombe.


3. Adanya Sisa busa shampo

Sisa shampo yang masih menempel pada kulit kepala dapat menyebabkan munculnya ketombe di rambut. Jika Anda sering memberihkan rambut / keramas, bersihkanlah sisa shampo yang Anda gunakan hingga benar-benar bersih dan tidak tersisa.

Beberapa Tips menghilangkan Ketombe

1. Makanlah Makanan Yang Mengandung Zat Besi Serta Vitamin B 

Makanan pun dapat menjadi penyebab timbulnya ketombe. Disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi serta vitamin B.
sayuran yang kaya akan Zat Besi Serta Vitamin B


Makanan ini dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, yoghurt, madu, pisang, telur, ikan salmon, dan lainnya. Dengan mengkonsumsi makan yang memiliki kandungan zat besi serta vitamin B, rambut Anda akan terhindar dari ketombe dan rambut rontok.
 Baca juga: 6 Vitamin Terbaik Untuk Mengatasi Rambut Rontok 

2. Hindarilah Stress

Memiliki banyak masalah / pikiran yang mengakibatkan stress dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang salah satunya adalah menjadi rentan memiliki masalah ketombe. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan hormon yang ada di dalam tubuh, sehingga mengakibatkan perubahan pula pada kondisi kulit kepala Anda.

3. Jangan Jarang Keramas atau Terlalu Sering Keramas

Terlalu sering melakukan keramas pun dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Penggunaan shampo yang terlalu sering dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering, sehingga sangat mudah untuk tumbuhnya ketombe pada kulit kepala.

Namun jangan juga Anda menjadi jarang berkeramas, karena kulit kepala akan mengalami penumpukan kotoran yang dapat dijadikan sebagai sarangnya ketombe.

Gunakanlah shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda serta lakukanlah keramas secara rutin (2 kali sehari) untuk mencegah terjadinya ketombe.

4. Gunakanlah Produk Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit Kepala Dan Rambut Anda

Gunakanlah produk perawatan kepala seperti shampo, vitamin, kondisioner rambut atau pun jenis produk lainnya yang sesuai dengan jenis kulit kepala Anda sendiri. Jika tidak menggunakan produk yang cocok maka akan menyebabkan masalah ketombe lebih parah lagi.

Sekian pembahasan yang dapat kami sajikan untuk Anda mengenai 7 Cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok. Penyebab ketombe dapat diatasi oleh Anda sendiri, jagalah kondisi rambut agar tetap prima dan menarik. Semoga permasalahan rambut yang Anda alami dapat segera terselesaikan dan rambut kita pun menjadi lebih sehat lagi daripada sebelumnya. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Menghilangkan Ketombe Dan Rambut Rontok"

Posting Komentar