Tips Membudidayakan Tanaman Mentimun

Tips Membudidayakan Tanaman Mentimun - Mentimun merupakan salah satu tanaman sayuran buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Dimana kesegaran mentimun yang menjadikan sayuran yang satu ini mempunyai banyak sekali penggemarnya.

Hal ini tentu sebanding dengan permintaan pasar, yang semakin hari selalu tinggi akan sayuran yang satu ini. Oleh sebab itulah ada banyak orang yang mulai tertarik untuk bisa membudidayakan sayuran mentimun.

Ada banyak orang yang membudidayakan tanaman satu ini, sebab memang untuk proses budidayanya tidak terlalu rumit, dan memakan biaya yang cukup tinggi, hanya saja mentimun memang membutuhkan perawatan yang lebih cermat, supaya hasil yang diperoleh bisa memuaskan.

Bagaimana, Anda tertarik untuk membudidayakan tanaman mentimun tersebut? Jika iya, silakan Anda simak beberapa lansiran di bawah ini.

Tips budidaya tanaman mentimun

Proses pembibitan

Untuk proses pembibitan mentimun ini, Anda bisa menyiapkan natural GLIO dan juga dicampurkan dengan pupuk kandang yang sudah matang, lalu diamkan saja selama 1 minggu. Selanjutnya Anda siapkan tanah halus yang sudah dicampurkan dengan natural GLIO tersebut, dengan perbandngan sekitar 7:3, kemudian masukan kedalam polybag.

Masukan juga benih dari tanaman mentimun yang sudah disiapkan kedalam polybag. Setelah benih mentimun sudah berusia 12 hari, biasanya benih sudah berdaun 3 helai, sehingga benih mentimun tersebut sudah siap untuk Anda pindahkan kemedia tanah.

Pengolahan media tanam 

Untuk pengolahan media tanam ini, ada kaitan eratnya dengan membersihkan lahan dari rumput liar, gulma, dan pohon yang tidak diperlukan. Anda dapat memberikan dolomit supaya pH tanah jadi 6.

Proses penanaman bibit mentimun kemedia tanah 

Setelah Anda mempersiapkan media tanam ini, bibit yang ada didalam polybag tadi siap untuk Anda pindahkan kemedia tanah. Caranya adalah dengan menyiram dahulu bibit dengan air biasa, lalu keluarkan bibitnya bersama media dari dalam polybag.

Setelah itu, Anda dapat tanam bibit mentimun tersebut kedalam lubang yang telah dibuat, lalu padatkan tanah yang ada disekitar bibit, tetapi jangan lupa untuk memberikan jarak yang ideal untuk setiap masing-masing bibit mentimunnya.

Demikianlah ulasan yang bisa kami bagikan untuk Anda semuanya tentang cara membudidayakan tanaman mentimun, semoga dapat menginspirasi para pembacanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membudidayakan Tanaman Mentimun"

Posting Komentar