6 point yang perlu diketahui dalam merawat cucak kombo

Yang perlu diketahui dalam merawat cucak kombo- Akhir-akhir ini kecial kombo atau lebih dikenal cucak kombo sedang marak-maraknya di kota Solo dan Jogja. Dan sudah mendapat daerah tersendiri di dalam kelas lomba burung berkicau di kota-kota selain Solo dan Jogja. Dulu sebelum banyak peminat menyerupai sekarang cucak kombo hanya dijadikan sebagai master untuk isian burung menyerupai cucak hijau, Murai batu, maupun cendet. Tapi seiring bartambah banyak peminat cucak kombo sudah memiliki daerah tersendiri di dalam kelas lomba burung kicauan di Indonesia.

Cucak Kombo
Cucak Kombo
Dalam postingan kali ini saya ingin menyebarkan pengalaman dalam perawatan cucak kombo semoga burung cepat gacor dan tidak mudah mati. Cucak kombo merupakan burung sejenis kolibri yang senang menghisap madu. Namun burung ini sangatlah susah untuk di setting untuk makan voer, tidak menyerupai kolibri ninja (konin) maupun kolibri muncang. Maka dari itu dalam goresan pena saya ini saya akan membahas apa saja yang perlu disiapkan didalam sangkar semoga burung cucak kombo mampu bertahan lama dan rajin berkicau :
  1. Yang pertama yaitu sediakan empat cepuk didalam sangkar, cepuk pertama di isi dengan air gula/nektar untuk cara pembuatannya mampu dibaca disini, cepuk yang kedua untuk susu kental manis putih, cepuk ketiga berisi air putih biasa, untuk cepuk ini pilihlah yang besar dan tidak terlalu dalam fungsinya untuk minum dan mandi burung cucak kombo, yang terakhir cepuk ukuran kecil untuk EF mampu berupa kroto/UH/lalat.
  2. Berikan tangkringan yang pas untuk kaki cucak kombo paling tidak kakinya mampu mencengkeram 2/3 dari besarnya tangkringan, hal ini berfungsi semoga CK (cucak kombo) nyaman didalm sangkar. untuk setingan tangkringan atau pola tangkringan mampu diubahsuaikan selera kita. 
  3. Kandang yang mengagumkan untuk cucak kombo yaitu sangkar yang sedang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil dan usahakan sangkar yang tinggi kira-kira ukuran 40 cm x 40 cm dengan tinggi sangkar 60 cm. Hal ini berfungsi untuk menyesuaikan keadaan dialam liar alasannya yaitu cucak kombo suka terbang ngleper menyerupai kolibri. 
  4. EF berupa UH/Kroto/Lalat usahakan selalu ada dan jangan terlalu banyak-banyak. Mengapa saya menyarankan untuk setiap hari selalu ada, alasannya yaitu burung ini selain pemakan nektar cucak kombo juga pemakan serangga kecil. 
  5. Usahakan ganti air minum dan air gula setiap hari atau maksimal 2 hari sekali. jangan hingga berhari-hari alasannya yaitu rentan terkena penyakit dan membuat CK jadi malas berkicau dan mampu fatal hingga kematian. 
  6. yang tidak kalah penting yaitu penjemuran dan mandi. Cucak kombo termasuk burung yang suka mandi jadi usahakan mandikan burung 2 x sehari di pagi hari dan sore hari. Untuk penjemuran mampu dilakukan ketika pagi hari kurang lebih 2-3 jam sebelum jam 10 pagi.

Mungkin itu dulu share yang saya berikan malam hari ini semoga artikel ini dapat menjadi pola dan refrensi untuk para pecinta maupun para pemula yang tengah memelihara burung cucak kombo dirumah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 point yang perlu diketahui dalam merawat cucak kombo"

Posting Komentar