Mengenal Lebih Dekat Burung Cucak Biru

Mengenal Lebih Dekat Burung Cucak Biru - Seperti yang telah diketahui, terdapat aneka macam macam jenis burung cucak, menyerupai cucak ijo, cucak jenggot, dan cucak rowo. Nah, sudah pernahkah sahabat mendengar ihwal cucak biru? Ya, cucak biru yaitu salah satu jenis burung kicau yang cukup langka dan sudah tidak banyak ditemukan. Jika dibandingkan dengan jenis burung sejenis menyerupai cucak ijo, cucak jenggot, dan cucak rowo, cucak biru memang tidak begitu populer. Padahal kalau dilihat dan diamati lebih detail, kemampuan kicau burung cucak biru juga tidak kalah bagus dari burung cucak lainnya. Untuk dapat melatih kemampuan kicau cucak biru memang diharapkan orang yang berpengalaman dan berkompeten dalam hal tersebut, biar cucak biru layak diikutsertakan dalam kontes burung.

Di Indonesia sendiri, selain dikenal dengan sebutan Cucak Biru, burung ini juga disebut dengan nama Cucak Gadung. Sedangkan diluar Indonesia burung ini bisa disebut dengan nama Asian Fairy Bluebird. Selain itu, cucak biru juga memiliki nama latin yaitu Irena Puella. Dari segi fisik burung cucak biru memang terlihat sangat menawan. Memiliki perpaduan warna bulu yaitu biru dengan hitam pekat, serta dihiasi dengan warna mata merahnya yang semakin membuatnya terlihat unik, cantik, menarik dan mengagumkan.


Mengenal lebih bersahabat burung cucak biru

Soal kualitas suara, burung cucak biru juga tidak kalah mahir dan jago kalau dibandingkan dengan cucak ijo. Bahkan terkandang banyak juga masyarakat yang berpendapat bahwa bunyi kicau cucak biru hampir sama dengan bunyi kicau cucak ijo, namun pada kenyataanya variasi bunyi kicau burung cucak biru memang terbatas dan tidak sebanyak burung cucak ijo. Memiliki kemampuan variasi bunyi kicau yang terbatas tidak berarti bahwa cucak biru tidak kreatif.

Karena cucak biru yaitu termasuk salah satu jenis burung yang memiliki kemampuan untuk merekam bunyi burung kicau lainnya dengan baik. Untuk dapat menambah variasi bunyi kicau cucak biru, Sobat dapat melatihnya semenjak ia masih kecil. Dengan rajin mendekatkan dan memperdengarkan bunyi kicau burung lain, hal tersebut akan membantunya tumbuh menjadi burung kicau yang berkualitas.

Sebenarnya, penyebaran burung cucak biru lebih merata di wilayah luar Indonesia, menyerupai Filipina, Malaysia, Bangladesh, India, Srilangka, dan juga Nepal. Sedangkan untuk area Indonesia sendiri, burung cucak biru banyak ditemukan di sekitar Pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Burung cucak biru menyukai hutan di dataran tinggi. Cucak biru hidup secara berpasang-pasangan dan berkoloni dalam sekala yang kecil yaitu hanya sekitar 6-8 ekor saja. Tak jarang, cucak biru juga senang bebaur dengan jenis burung kicau lainnya. Cucak biru suka memakan serangga kecil dan buah-buahan menyerupai pisang dan pepaya.

Semoga ulasan singkat kami mengenai burung cucak biru dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Terimakasi, sukses selalu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Burung Cucak Biru"

Posting Komentar