Wisata di Pantai Sawarna Banten

Wisata di Pantai Sawarna Banten - Jembatan besi merupakan awal perjalanan kamu menuju Desa Sawarna. Semakin jauh memasuki jalan tersebut, berikutnya kamu akan disuguhi pemandangan hutan lebat. Wisata di Pantai Sawarna, Kamu bisa bermain di pantai, ditemani taburan pasir putih yang mengkilap. Memandang pinggiran pantai yang luas diiringi deburan ombak dan suara angin laut.

Goa di Sekitar Pantai Sawarna

Berkeliling Mengunjungi gua-gua. Temukan Gua Laylay atau Goa Kalelawar yang dihuni ratusan kalelawar. Ada juga aliran air dalam gua. Goa Lalay terbentuk dari retakan pada batu gamping akibat pengaruh tektonik. Panjang gua diperkirakan sampai 1000 meter. Retakan pada gua itu, kemudian menjadi jalan air yang melarutkan batu gamping. Batu gamping beberapa terlarut karena sesuai dengan sifat fisiknya yang mudah larut dalam air. Kemudian, air yang larut dan batu gamping yang terbawa selanjutnya mengendap dan menghasilkan berbagai ornamen gua. Bagian dasar gua ini merupakan sungai bawah tanah yang berlumpur dengan ketebalan 10 sampai 15 cm.

Laguna Pari di Pantai Sawarna

Cara asyik lainnya wisata ke Pantai Sawarna dengan merasakan suasana alam yang lebih alami maka lanjutkan perjalanan ke Laguna Pari. Laguna Pari adalah pantai yang tersembunyi, tempat nelayan Sawarna dari Dusun Gempol biasanya melabuhkan perahu. Di sekitar pantai banyak terdapat gubuk-gubuk nelayan yang dapat kamu gunakan sebagai tempat berteduh. Laguna Pari berada di sisi timur sehingga ideal melihat matahari terbit. Di Laguna Pari tidak terdapat warung sehingga ada baiknya anda telah mempersiapkan bekal dan peralatan yang cukup untuk meneruskan berjalan hingga ke Palistir dengan kendaraan.

Di Palistir ada tebing karang di sisi pantai yang memiliki teras karang yang lebar. Panggung karang berundak-undak dengan air mengalir di atasnya yang menyusup melalui sela-sela karang.

Menikmati Keindahan Karang

Di Karang Taraje kamu bisa melihat pantai dengan bentangan karang yang besar dan luas di sepanjang Pantai Laguna Pari hingga Pantai Sepang atau Cikoromong. Hamparan karang yang menyerupai trap atau undak-undakan menjadi alasan kenapa daerah ini dinamakan Karang Taraje. Kamu bisa melihat beberapa cekungan karang yang membentuk kolam di antara sela-sela karang. Cekungan berisi air dan ikan yang dijadikan penduduk lokal tempat memancing.

Lainya, kamu bisa mencoba agrowisata di areal persawahan, mencari batu-batu hias di Sungai Cisawarna, mengunjungi tempat pelelangan ikan, panjat tebing, atau melihat kekayaan flora dan fauna hutan suaka alam yang terletak di sebelah timur desa.

Alternatif Wisata di Pantai Sawarna lainnya, kamu mengunjungi sentra pembuat gula kelapa, sentra pengrajin gitar dan biola, atau makam Jean Louis Van Gought. Jean Louis Van Gogh adalah pengusaha pertama yang membuka perkebunan kelapa di sepanjang Pantai Sarwana tahun 1907. Kini, perkebunan kelapa ini dikelola PTPN. Jean Louis Van Gogh sendiri mempunyai keinginan untuk dimakamkan di Indonesia. Makamnya sendiri baru ditemukan tahun 2000 dan keluarga Van Gogh di Belanda memastikan kebenaran tentang makam Jean Louis Van Gogh di Sawarna tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata di Pantai Sawarna Banten "

Posting Komentar